Minggu

Cara Mengatasi Virus Yang Menginfeksi *.EXE

Aplikasi executable (exe) masih memungkinkan terinfeksi virus,meskipun antivirus telah terpasang dikomputer.Virus ini namanya services.exe lokasinya di folder C:\Windows dan C:\windows\system32\0617152D (yang beratribut hidden system,atau folder sejenis yang dibuat secara acak),sehingga tidak terlihat jika setting optios tidak diubah.Virus ini juga menggandakan diri dengan nama lain.Ukurannya sangat kecil hanya 18 kb.Beberapa yang sering dialami ketika terinfeksi virus ini adalah:
1. Aplikasi executable,ketika ingin di close (kill) melalui process explorer,tidak bisa.Termasuk juga menggunakan Task Manager.


2. Virus secara otomatis menulis di registry,namun,ketika ingin menghapusnya (lewat aplikasi autorun),virus secara otomatis menulis di registry lagi (ini ciri khas pada umumnya)
3. Ketika mau menjalankan autorun lagi (setelah ditutup),maka aplikasi langsung rror dan ketika dijalankan ulang,tiba-tiba aplikasi autorun hilang (didelete oleh virus ini).
4. Antivirus yang digunakan tidak dapat berjalan.Begitu dijalankan sama,langsung error.Dan ketika kita mencoba menginstal ulang ternyata filenya rusak.
5. Ketika mencoba menghapus melalui Boot CD dan mencari file dengan ukuran 18 kb,setelah selesai dan dilihat,ternyata sudah tidak ada lagi.
6. Virus ini juga menginfeksi/merusak aplikasi yang lain,seperti comodo firewall.

7. Untuk mengatasi masalah ini,silahkan scan mengunakan anti virus AVG .Untuk memperbaiki file yang terinfeksi virus ini,maka gunakan Hex Editor,seperti Hexaped.

Selamat mencoba,Semoga bermamfaat!!!!



2 komentar:

  1. mas download Hex Editor/Hexaped dimana??

    BalasHapus
  2. pake hex editor mah repot amat. antivirus ansav udah bisa kok merestore file exe kembali ke DOC atau XLS

    BalasHapus